Monday 24 September 2012

Campus Outreaching


Pada tanggal 16 Februari 2012, saya mendapatkan kehormatan untuk memberikan paparan mengenai polugri RI di bawah Pemerintahan Presiden SBY di kampus Universitas Paramadina, Jakarta.

Dulu waktu baru masuk Kemlu saya sering berkunjung ke Universitas Paramadina.  Tapi bukan untuk kuliah atau mengajar, melainkan untuk menjemput adikku tersayang, Sandra Ayu, yang dulu kuliah di jurusan komunikasi Universitas Paramadina.

Program Campus Outreach yang dilakukan Kantor Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional ini cukup reguler.  Kita sering berkunjung ke universitas-universitas di berbagai daerah, termasuk juga yang di Jakarta.  Tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi mengenai capaian-capaian RI di dunia diplomasi selama ini, agar teman-teman di kampus mendapatkan informasi mereka tidak hanya dari tv, yang cenderung menganggap remeh kapasitas dan capaian diplomasi kita. 

Selain itu, program ini kami gunakan untuk mendapatkan umpan balik menegnai isu-isu internasional dan polugri RI, utamanya dalam bentuk survei yang diisi para hadirin peserta kuliah umum.

Anyways, sewaktu iseng-iseng lagi berselancar di dunia maya, dengan tidak sengaja ketemu tulisan seorang blogger, Anggraeni D. Widhias, mengenai kuliah umumku sewaktu di Universitas Paramadina bulan Februari lalu itu.  Kalau ada yang ingin membaca tulisannya, linknya ini: http://daunjendela.wordpress.com/2012/07/07/politik-luar-negeri-indonesia-di-bawah-pemerintahan-presiden-sby/

Terima kasih, Anggraeni. It's good to know that someone was paying attention when I talked about the complexities of today's diplomacy.  Cheers.

No comments:

Post a Comment

Comment as you wish, but please, try to cut down on the profanities...